3 Fungsi Statistik Teratas yang Perlu Anda Ketahui

1 min read

Apa itu fungsi statistik

Apa pengertian Fungsi Statistik?

Fungsi statistik digunakan dalam analisis statistik untuk membuat prediksi dan inferensi. Mereka digunakan sebagai cara untuk mempelajari data dan mengidentifikasi pola yang dapat diamati.

Fungsi statistik dapat membantu Anda melakukan hal-hal seperti:

Jelajahi hubungan antar variabel

Analisis sampel dengan cara yang berbeda untuk melihat apakah mereka memiliki perbedaan yang signifikan (yaitu, uji-t)

Cari korelasi antara dua set data (yaitu, koefisien korelasi Pearson)

Periksa apakah ada kesalahan atau outlier dalam kumpulan data Anda

Fungsi statistik dapat diterapkan pada semua jenis statistik, termasuk data kategorikal atau kontinu, seperti regresi linier, uji-t, ANOVA, uji chi-kuadrat, dan banyak lagi

Fungsi, Jenis Fungsi Statistik, dan Pendekatan

Fungsi statistik adalah alat yang dapat digunakan di dunia statistik mana pun, dan sangat diperlukan untuk analisis data.

Tiga jenis utama fungsi statistik adalah deskriptif, inferensial, dan prediktif. Statistik deskriptif adalah istilah yang sangat luas yang mencakup beberapa jenis analisis statistik yang berbeda. Ini dapat digunakan untuk meringkas data dengan melihat satu atau dua variabel sekaligus (misalnya, pendapatan rata-rata, jumlah rata-rata anak). Statistik inferensial menggunakan probabilitas dan pemodelan matematika untuk menarik kesimpulan tentang parameter tingkat populasi dari sampel yang diambil dari populasi (misalnya, 95% CI). Statistik prediktif menganalisis data masa lalu untuk memprediksi tren dan perilaku masa depan (misalnya, model ARIMA).

1. Rata-rata dan Median adalah..

Median adalah nilai tengah dalam kumpulan data. Setengah dari nilai dalam kumpulan data akan lebih kecil dari median dan setengahnya akan lebih besar dari itu. Mean dihitung dengan menambahkan semua nilai dalam kumpulan data bersama-sama kemudian membaginya dengan berapa banyak yang ada.

Baca Juga:  Mengenal Bentuk dan Jenis Grafik berdasarkan Fungsinya dalam Statistika

Rata-rata, atau rata-rata aritmatika, dihitung dengan menambahkan semua nilai dalam kumpulan data bersama-sama kemudian membaginya dengan berapa banyak yang ada. Setengah dari nilai dalam kumpulan data akan kurang dari atau sama dengan angka ini dan setengahnya akan lebih besar atau sama dengan itu.

2. Mode dan Varians – Apa Perbedaannya?

Singkatnya, mode adalah nilai paling umum dalam kumpulan data sementara varians adalah ukuran seberapa banyak nilai dalam kumpulan data bervariasi.

Varians dapat dihitung dengan cara yang berbeda, tetapi cara standarnya adalah melalui deviasi kuadratnya dari mean. Ini berarti bahwa varians dihitung dengan mengambil selisih antara setiap nilai dan rata-rata dibagi satu kurang dari jumlah pengamatan.

3. Standar Deviasi – Apa Manfaatnya?

Jika Anda telah membaca pengantar bagian ini, maka Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ada keuntungan menggunakan deviasi standar yang lebih sedikit. Ada beberapa di antaranya, tetapi apa manfaat menggunakan deviasi standar yang lebih sedikit?

Apa keuntungan menggunakan simpangan baku yang lebih sedikit?

Salah satu kualitas terpenting yang ingin dimiliki perusahaan adalah pelanggan tetap. Tanpa pelanggan tetap, sangat sulit bagi perusahaan untuk tumbuh dan berkembang di industrinya masing-masing. Untuk menarik pelanggan tetap, perusahaan harus menawarkan produk atau layanan berkualitas tinggi yang memenuhi standar mereka. Tetapi bagaimana jika standar ini berubah? Kemudian item berkualitas lebih tinggi dan lebih rendah akan muncul di sampingnya di kedua sisi–dan di sinilah kita dapat menggunakan lebih sedikit standar deviasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statmat.net: Pusat Edukasi Statistik dan Matematik