google play apk,vidmate apk,snack video apk,suara google, nada dering wa suara google, google voice, text to speech wa, botika text to speech, botika wa, nada dering wa sebut nama, sound of text, sound of text wa, aksara jawa, suara google indonesia, google camera, gcam apk, sound tiktok ke wa, zefoy tiktok

Apa itu Populasi? Ini Pengertian Menurut Para Ahli

38 sec read

Populasi

Populasi adalah jumlah keseluruhan objek penelitian dapat juga didefinisikan sebagai jumlah total unit atau individu yang karakteristiknya akan dipelajari. Satuannya dapat berupa orang, benda, lembaga, dan sebagainya. Ada beberapa ahli yang mendefinisikan populasi :

  • Netra

Menurut Netra populasi adalah keseluruhan individu umum atau umum yang memiliki ciri-ciri yang cenderung sama. Sehingga ketika bertemu dengan individu yang memiliki ciri yang sama dapat dijadikan sebagai populasi dalam suatu penelitian.

  • Sugiyono

Menurut Sugiyono populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek/subyek yang mempunyai besaran dan karakteristik tertentu yang ditentukan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan.

  • Hadari Nawawi

Menurut Hadari Namawi populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang terdiri atas manusia, hewan, benda-benda, tumbuh, peristiwa, gejala, atau nilai tes sebagai sumber data tertentu dalam suatu penelitian yang dilakukan.

  • Bugin

Menurut Bugin populasi adalah keseluruhan dari objek penelitian berupa manusia, hewan, tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya.

  • Nursalam

Nursalam mengatakan bahwa populasi adalah seluruh variabel yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Jadi selama suatu variabel masih mempunyai hubungan dengan topik yang diteliti, maka variabel tersebut termasuk dalam populasi penelitian

Baca Juga:  Apa itu Sampel?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statmat.net: Pusat Edukasi Statistik dan Matematik

×

AdBlock Detected

Statmat.net is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.