Apa itu Statistik Inferensial dan Cara Menggunakannya

1 min read

Apa itu statistik inferensial

Teknik statistik untuk menarik kesimpulan tentang populasi, berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari sampel.

Teknik statistik yang paling umum digunakan dalam bisnis adalah statistik inferensial. Ini adalah jenis statistik dan digunakan untuk membuat keputusan cerdas tentang masa depan berdasarkan pengalaman masa lalu. Jenis keputusan ini harus dibuat dengan cepat dan biasanya dibuat dengan data yang tidak lengkap, yang berarti bahwa data yang diperoleh dari statistik inferensial dapat menyesatkan jika tidak dianalisis dengan benar.

Statistik Inferensial banyak digunakan dalam bisnis karena memungkinkan pengambil keputusan untuk membuat prediksi atau prakiraan dengan informasi yang terbatas atau tidak tersedia tentang masa depan.

Apa itu Statistik Inferensial?

Statistik inferensial adalah proses yang digunakan untuk membantu menghasilkan wawasan dan pemahaman dari data. Ini digunakan untuk mengembangkan hipotesis dan memprediksi hasil di masa depan.

Ada banyak jenis statistik inferensial tetapi jenis yang paling umum adalah korelasi, regresi, ANOVA, dan Chi-kuadrat.

Cara Menghitung Mean dalam Statistik Inferensial

Mean adalah ukuran tendensi sentral. Ini dihitung dengan menambahkan semua nilai dalam kumpulan data dan membaginya dengan jumlah nilai.

Ada dua jenis mean: mean sampel dan mean populasi. Rata-rata sampel hanya memperhitungkan nilai subset, tetapi mean populasi mencakup semua nilai dalam kumpulan data. Selain itu, perlu diketahui distribusi apa yang dimiliki seseorang sebelum menghitung rata-rata populasi karena beberapa distribusi memiliki rata-rata yang berbeda dari yang lain.

Mengapa Anda Harus Tahu tentang Statistik Inferensial?

Artikel ini memberikan pengantar statistik inferensial, apa itu, cara kerjanya, dan mengapa digunakan.

Statistika adalah cabang matematika yang mengumpulkan dan menganalisis data untuk memahami pola dan menemukan korelasi dalam hasil.

Baca Juga:  Contoh Soal Cara Menentukan Modus Data Tunggal

Statistik inferensi khususnya adalah jenis uji statistik yang menggunakan data yang dikumpulkan dari populasi sampel untuk menarik kesimpulan tentang populasi yang lebih besar. Ini memperkirakan apa yang mungkin terjadi untuk semua anggota populasi jika kita menerapkan tes atau prosedur yang sama kepada mereka.

Statistik inferensial biasanya digunakan ketika tidak ada cukup waktu atau anggaran untuk mengumpulkan ukuran sampel baru. Mereka mengandalkan teori statistik (seperti probabilitas) dengan asumsi yang dibuat tentang seberapa besar efeknya dan seberapa banyak variabilitas yang ada dalam kelompok sampel asli.

Bagaimana Menarik Kesimpulan untuk Studi Statistik dalam Statistik Inferensial

Statistik inferensial memungkinkan kita untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan. Ada banyak jenis statistik inferensial, tetapi semuanya memiliki satu kesamaan – mereka menyimpulkan.

Gagasan di balik statistik inferensial adalah bahwa Anda tidak tahu apa itu populasi sehingga Anda perlu membuat tebakan berdasarkan data yang Anda miliki. Kesimpulan yang signifikan secara statistik akan valid jika itu benar untuk sejumlah besar orang dan bukan hanya beberapa dari mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statmat.net: Pusat Edukasi Statistik dan Matematik