Tutorial Aplikasi SIM GPO Untuk Guru dan Cara Registrasinya

2 min read

dunia pendidikan kemdikbud

Aplikasi SIM GPO (Sistem Informasi Manajemen Guru Pembelajar Online) adalah wujud keseriusan Kemendikbud dalam meningkatkan kualitas guru seluruh Indonesia, dari jenjang PAUD hingga SMA sederajat.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Kemendikbud memang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi tenaga pengajar tanah air. Namun begitu, masih banyak tenaga pengajar yang belum bisa mengoperasikan aplikasi ini. Karena itu, di bawah ini kami ulas sekilas tentang SIM GPO dan cara menggunakannya.

Sekilas Tentang Aplikasi SIM GPO

SIM GPO (Sistem Informasi Manajemen Guru Pembelajar Online) berisi informasi tentang tenaga pengajar di seluruh Indonesia. Seluruh data yang ada di dalam database aplikasi ini dimasukkan oleh satuan tugas lembaga pendidikan di wilayah masing-masing, mulai dari PAUD hingga SMA sederajat.

dunia pendidikan kemdikbud
Aplikasi SIMGPO Online

Terus apa fungsi dari SIM GPO ini? Fungsinya adalah untuk mengukur dan menghimpun kapabilitas tenaga pendidik sesuai dengan bidang/pelajaran yang diampunya. Data tersebut nantinya akan diolah oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) di provinsi masing-masing.

Jika Anda seorang guru dan ingin meningkatkan kompetensi, maka harus segera memiliki Akun SIM PKB agar bisa masuk ke SIM GPO ini. Setelah masuk ke aplikasi, Anda bisa mengakses berbagai referensi dan perangkat pendukung. Anda juga bisa sharing metode pembelajaran dengan guru lainnya untuk menghasilkan output terbaik.

Aplikasi ini juga menjadi wujud komitmen dan dukungan dari Dirjen GTK (Guru dan Tenaga Pendidik) kepada tenaga pengajar di tanah air melalui sistem berbasis online. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk guru saja, namun juga untuk kepala sekolah, pengawas serta tenaga pendidik lainnya.

Cara Menggunakan Aplikasi SIM GPO

1. Cara Regritrasi Akun SIM GPO

Untuk bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi SIM GPO ini, Anda harus regristasi terlebih dahulu. Berdasarkan website resmi Kemendikbud, berikut ini cara dan langkah registrasi di SIM GPO:

  • Pertama kunjungi laman ini untuk masuk ke halaman registrasi.
  • Setelah halaman sudah dimuat dengan sempurna, di sana Anda bisa melihat dua kolom yang harus diisi, yaitu Nomor Peserta UKG dan Tanggal Lahir.
  • Selanjutnya isi Nomor Peserta UKG dan Tanggal Lahir, pastikan tidak ada yang salah agar sistem bisa mengenali data Anda.
  • Jika sudah, sekarang ceklis/centang di kolom Saya Bukan Robot.
  • Selanjutnya tekan tombol Register untuk melakukan pendaftaran, Anda mungkin harus menunggu beberapa saat hingga sistem selesai memproses permintaan Anda.
  • Jika pendaftaran sukses, Anda akan mendapatkan Akun SIM GPO, yang harus Anda simpan dan ingat agar tidak kelupaan.
  • Jika proses pendaftaran gagal, Anda bisa menghubungi Admin PKB di Dinas Pendidikan wiliayah kerja Anda.
Baca Juga:  Contoh RKJM untuk SMA-SMK dan Sistematika Penulisannya
akun sim gpo registrasi
akun sim gpo registrasi

2. Cara Login Akun SIM GPO

Setelah sukses registrasi dan mendapatkan Akun GPO, maka sekarang Anda bisa login ke aplikasi tersebut. Caranya seperti di bawah ini :

  • Buka browser di komputer atau smartphone dan kunjungi website GPO di alamat ini.
  • Jika website sudah terbuka, sekarang masukkan alamat email dan sandi Akun GPO yang baru saja Anda dapatkan di atas.
  • Selanjutnya tekan tombol masuk untuk mengakses situs SIM GPO.
  • Selesai, sekarang Anda bisa menikmati fitur dan fasilitas yang bisa meningkatkan kompetensi.

Fungsi dan Tujuan SIM GPO

  • Meningkatkan kompetensi seluruh tenaga pendidik di Indonesia di semua jenjang pendidikan, sehingga generasi yang akan datang bisa berkontribusi maksimal terhadap dirinya sendiri, keluarga, bangsa dan negara.
  • SIM GPO juga berfungsi untuk melihat dan memantau segala bentuk penelitian yang sudah selesai atau sedang dilakukan.
  • Memberikan fasilitas pendukung kepada tenaga pendidik, khususnya dalam pembelajaran online di new normal seperti sekarang ini.
  • Sumber referensi yang banyak dan variatif, yang berasal dari penelitian UKG berdasarkan kelompok kompetensi. Tenaga pengajar bisa memanfaatkan penelitian ini dan mempelajarinya untuk kemudian menerapkannya dalam kegiatan belajar mengajar.

Intinya, seorang tenaga pengajar harus selalu meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya sehingga bisa memberikan sumbangsih yang berharga untuk generasi masa depan bangsa. Melalui SIM GPO ini, Anda bisa menikmati fitur dan fasilitas yang akan membantu Anda menjadi tenaga pengajar yang lebih baik dan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statmat.net: Pusat Edukasi Statistik dan Matematik