Panduan Lengkap Pencarian Data GTK [Update 2020]

2 min read

Program Ditjen Gtk Kemdikbud

GTK atau Info GTK adalah website yang dikembangkan oleh Kemendikbud yang berisi informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan guru dan tenaga kependidikan lainnya. Jika Anda adalah guru, maka harus melek informasi, salah satunya adalah dengan mengecek validasi data di Info GTK.

GTK atau Info GTK ini sangat berkaitan erat dengan tunjangan guru, yang biasanya dibayarkan sebanyak 4 kali dalam setahun. Info GTK harus valid dengan data yang ada di Dapodik, jika tidak sinkron, tunjangan tersebut tidak akan bisa dicairkan.

Tenaga Pendidik yang Melek Digital

Di zaman digital ini, guru dan tenaga pendidik lainnya harus selalu mengupgrade kompetensi diri, salah satunya dengan rajin mencari, membaca dan menganalisis informasi. Jika para guru dan tenaga pendidik melek informasi dari berbagai sumber, maka dia akan selalu update tentang hal-hal yang berkaitan dengan profesinya.

Program Ditjen GTK Kemdikbud
Program Ditjen GTK Kemdikbud

Hasilnya, guru bisa mengembangkan karir keguruannya dengan maksimal, yang juga berdampak pada kesejahteraan hidupnya. Dengan selalu update informasi, mereka juga bisa mudah mengecek kesahihan dan pembaruan data.

Jika guru tidak rutin mengecek validasi dan pembaruan data, maka tidak akan tahu jika data tersebut tidak sinkron atau sesuai dengan data yang dimasukkan ke Dapodik. Imbasnya, tunjangan bisa tertunda cairnya karena sistem akan menilainya ‘Tidak Valid’.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, maka guru dan tenaga pendidik lainnya harus rutin mengecek Info GTK. Aplikasi yang dibuat oleh Dirjen GTK Kemendikbud ini bisa diakses melalui SIM PKB dan atau bisa juga dibuka secara langsung.

1. Kapan Info GTK Bisa Diakses?

GTK bisa Anda akses dengan catatan telah memiliki akun di jam dan tempat yang bebas. Cara mengaksesnya bisa melalui browser di PC atau HP, asalkan perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Baca Juga:  Contoh RKJM SD dan Panduan Pembuatannya

Jadi sekarang tidak ada alasan yang dibenarkan untuk tidak mengecek Info GTK. Tanamkan dalam diri Anda, bahwa cair tidaknya tunjangan tergantung dari seberapa rajin Anda mengecek validasi data di Info GTK dan Dapodik yang dipegang oleh operator.

2. Isi Info GTK

Karena terintegrasi dan tersinkronisasi dengan Dapodik, maka data dan informasi yang Anda temukan di Info GTK juga sama dengan data yang ada di Dapodik. Di sana Anda bisa melihat data sekolah induk, data rombel (rombongan belajar), jam mengajar Anda dan masih banyak lagi.

Login Info Gtk Terbaru 2020
Login Info Gtk Terbaru 2020

Anda bisa selalu mengecek data-data di atas dan mencocokkannya dengan Dapodik jika ada data yang tidak sinkron atau perlu diperbarui. Anda tidak boleh selalu bergantung kepada operator, karena validasi data menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa manfaat GTK atau Info GTK bagi guru dan tenaga pendidik lainnya adalah sebagai berikut:

  • Untuk memantau hasil input data Dapodik yang dilakukan oleh operator sekolah.
  • Untuk mengecek dan memperbaiki jika ada kesalahan yang terjadi.
  • Untuk memantau terbitnya SKTP atau Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi dan SKTP lainnya.
  • Untuk update informasi terkait kebijakan tentang profesi guru semisal sertifikasi, PAK, Penyetaraan Guru Bukan PNS (GBPNS) dan lain sebagainya.

Beberapa Fakta Terkait Info GTK

  • Info GTK dapat diakses setiap awal semester, ketika operator selesai menginput data dan server GTK telah menarik data tersebut.
  • Info GTK aktif dan berlaku selama 6 bulan/1 semester, sesuai dengan pendataan di Dapodik.
  • Info GTK dapat diakses menggunakan NUPTK/NIK (username) dan tanggal lahir (password).
  • Info GTK memiliki 3 kolom, pertama berisi uraian, kedua berisi data dan ketiga berisi keterangan yang lebih jelas dari kolom kedua.
Baca Juga:  Contoh RKJM untuk SMA-SMK dan Sistematika Penulisannya

Cara Mengecek dan Melakukan Pencarian Data GTK

Anda harus menyiapkan beberapa hal, yaitu:

  • Akun PTK beserta password (Anda bisa menghubungi operator Dapodik untuk mendapatkan Akun PTK dan password).
  • Perangkat yang mumpuni, bisa HP atau PC.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Aplikasi browser terbaru, bisa Chrome atau Mozilla dst.

Jika sudah, langkah pencarian data GTK adalah sebagai berikut :

  • Buka Info GTK di info.gtk.kemendikbud.go.id.
  • Selanjutnya masukkan Akun PTK, password, semester (yang ingin dicek) dan CAPTCHA.
  • Jika sudah terisi semua, klik login untuk masuk ke Info GTK.
  • Selesai, sekarang Anda bisa mengecek validasi data di Info GTK.

Jika ada pemberitahuan bahwa data tidak valid, maka ada dua kemungkinan :

  • Pertama data belum selesai diproses oleh server GTK, Anda harus menunggu beberapa saat dengan sabar.
  • Kedua, data memang tidak sinkron dengan Dapodik, jadi harus memperbaikinya dari Dapodik untuk membuatnya sinkron kembali.

Melalui GTK atai Info GTK, Anda bisa mengecek update dan validasi data-data yang yang berkaitan dengan profesi keguruan. Seluruh data yang ada di Info GTK diambil dari Dapodik, jadi usahakan untuk memasukkan data ke Dapodik dengan benar agar pencairan tunjangan profesi dan lainnya tidak bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statmat.net: Pusat Edukasi Statistik dan Matematik