Cara Merekam Suara Google Translate di Hp tanpa Install Aplikasi

2 min read

Cara Rekam Suara Google Translate

Google Translate adalah salah satu aplikasi dari Google yang banyak digunakan saat ini. Alasannya karena aplikasi penerjemah ini bisa digunakan secara gratis dan lagi hasil terjemahannya juga semakin baik. Tak hanya itu saja, Google Translate juga punya banyak fitur menarik seperti pengucapan kata. Nah berikut ini adalah cara rekam suara Google Translate di HP.

Fungsi Rekam Suara Google Translate

Mengapa kita merekam suara Google Translate? Ada banyak alasannya. Yang pertama kita ingin memberikan contoh pengucapan kata dalam bahasa asing untuk lawan bicara kita dan mengirimkannya melalui pesan seperti Whatsapp. Yang kedua adalah mungkin karena kita sedang malas berbicara sehingga ingin mengubah teks menjadi suara.

Teknik Rekam Suara Google Di Hp Tanpa Aplikasi
Teknik Rekam Suara Google Di Hp Tanpa Aplikasi

Beberapa manfaat lainnya dari merekam suara Google Translate di HP adalah apabila kamu ingin memberikan sebuah deskripsi untuk suatu video namun kamu malu bila harus menggunakan suaramu. Kamu bisa menggunakan suara dari Google Translate untuk mengisi video yang sudah kamu siapkan. Cara ini sangat umum digunakan di YouTube lho.

Cara Merekam Suara Google Translate di Hp

Nah langsung saja kita mulai cara rekam suara Google Translate di HP yang paling mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menguasainya. Hanya saja mungkin kamu membutuhkan aplikasi tambahan karena mungkin aplikasi perekam suara tidak bisa merekam suara yang dihasilkan oleh aplikasi tertentu di HP.

Putar Suara Google Dengan Situs Google Translate
Putar Suara Google Dengan Situs Google Translate
  1. Pertama, kamu bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga yakni Easy Voice Recorder atau gunakan https://online-voice-recorder.com/ untuk rekam tanpa install aplikasi
  2. Setelah menginstal atau membuka situsnya nya, kamu bisa berpindah dulu dengan membuka aplikasi Google Translate
  3. Ketikkan teks yang ingin kamu ubah menjadi suara. Apabila kamu ingin mengubah teks ke suara bahasa Indonesia, kamu bisa memilih penerjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa Indonesia.
  4. Terjemahkan teks yang sudah kamu ketik kemudian tekan ikon suara di pojok kiri bawah sehingga muncul suara, pastikan hasil penerjemahanmu dapat terdengar dan juga hasilnya baik.
  5. Kembali ke Homescreen, jangan tutup aplikasi Google Translate.
  6. Langkah berikutnya adalah buka aplikasi Easy Voice Recorder
  7. Di halaman utama Easy Voice Recorder ada tombol rekam. Tekan tombol tersebut kemudian pindah ke Google Translate yang sudah kamu siapkan tadi
Baca Juga:  Cara Cek ID Pelanggan Indihome (Nomor Internet) Terbaru
Rekam Dan Putar Suara Google Translate
Rekam Dan Putar Suara Google Translate
  1. Selanjutnya, kembali tekan ikon speaker hingga hasil terjemahanmu dibacakan oleh Google Translate. Suara itulah yang akan direkam oleh aplikasi Easy Voice Recorder
  2. Setelah selesai, kembali ke aplikasi Easy Voice Recorder kemudian matikan perekaman dengan menekan tombol atau ikon Checklist
  3. Akan muncul hasil perekaman suara dari Google Translate-mu.
  4. Kamu bisa melakukan editing file audio mu bila memungkinkan.

Bagaimana? Mudah bukan caranya? Ada kelebihan dari menggunakan cara ini ketimbang kamu menggunakan cara seperti dengan situs text to sound yakni kamu bisa menggunakannya secara gratis tanpa ada batasan waktu. Sedangkan bila kamu menggunakan situs text to sound yang ada umumnya terbatas penggunaannya untuk beberapa hari atau beberapa karakter saja.

Kelebihan Merekam Suara Google

Keuntungan lainnya dari cara ini tentu saja lebih mudah karena kita tidak perlu melakukan banyak pengaturan. Kita hanya mengandalkan dua aplikasi saja yakni Google Translate dan juga Easy Voice Recorder. Hasil perekamannya juga terbilang baik. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi perekamannya untuk merekam telepon juga lho.

Referensi terkait: Suara Google Online

Namun tentu saja ada juga kelemahan dari menggunakan cara ini yakni kita tidak bisa mengubah suara dari pengucap yang digunakan oleh Google Translate. Jadi suara perempuan khas dari Google Translate itulah yang akan terus kita gunakan. Berbeda dengan situs text to sound lainnya, mereka mungkin memiliki database jenis suara lebih besar bahkan karakter fiksional sekalipun.

Kelemahan keduanya adalah file audio yang dihasilkan masih berformat WAV yang mana format file ini mungkin tidak didukung oleh beberapa aplikasi editing. Apabila kamu ingin memanfaatkan filenya sebagai nada dering atau notifikasi pesan masuk, kamu bisa terlebih dahulu melakukan konversi ke format file yang lebih umum seperti MP3 contohnya.

Baca Juga:  Buat Suara Google Indonesia di Hp dan PC tanpa Aplikasi

Itulah cara merekam suara Google Translate di HP. Semoga cara ini bisa bermanfaat, namun manfaatkan cara ini dengan baik ya. Jangan kamu menggunakannya sebagai bentuk teror ke pihak orang lain. Mari manfaatkan teknologi dengan cara yang baik dan juga semoga memberikan manfaat yang baik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statmat.net: Pusat Edukasi Statistik dan Matematik

×