5 Daerah Penghasil Keramik Tradisional di Indonesia

2 min read

proses pembuatan keramik

Dalam kehidupan sehari-hari tentu Anda tidak merasa asing dengan keramik, mulai dari vas bunga, guci, celengan, dan aneka manik-manik penghias ruangan lainnya. Di Indonesia terdapat sejumlah daerah yang menjadi penghasil keramik terbesar. Bahkan keramik-keramik yang berasal dari daerah tersebut sudah dipasarkan sampai ke luar negeri seperti Eropa, Jepang, hingga Amerika Serikat.

5 Daerah Penghasil Keramik Terbesar

1. Jawa Barat

Jawa Barat tidak hanya kaya akan pemandangan cantiknya saja melainkan juga barang kerajinan tangan dari keramik. Tepatnya di Purwakarta kawasan Desa Anjun, Pamoyanan dan Citeko Anda bisa menjumpai sentra kerajinan keramik bermutu baik.

Di daerah tersebut keramik bukan semata-mata hanya menjadi mata pencaharian penduduk setempat saja melainkan juga sebagai warisan keterampilan turun-temurun. Saat melintasi kawasan desa ini tentu Anda akan menyaksikan berbagai macam pajangan yang berjejer indah seakan-akan menunggu untuk dipilih.

proses pembuatan keramik
proses pembuatan keramik

Mulai dari gerabah, perabotan rumah tangga sampai mainan anak-anak semuanya komplit ada di tempat ini. Menariknya lagi, Anda juga diperkenankan melihat proses pembuatan keramik secara langsung. Jangan khawatir, harga produk keramiknya juga relatif terjangkau.

2. Yogyakarta

Jika Anda singgah ke Yogyakarta maka jangan sampai melewatkan kunjungan ke sentra kerajinan gerabah di Kasongan. Kawasan ini terletak di Bantul sebelah selatan Yogyakarta. Kerajinan ini sudah ada sejak tahun 1970an dan tersohor hingga sekarang. Di Kasongan Anda bisa menjumpai banyak kerajinan keramik berkualitas tinggi dan tentunya hasil kreasi tangan para seniman terbaik Yogyakarta.

Di tempat ini pula Anda bisa menemukan berbagai macam variasi keramik yang menarik. Contohnya, guci berornamen tertentu, patung berbagai model, karikatur, hingga beraneka macam keramik tema kontemporer. Di samping itu, ada begitu banyak pilihan warna yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari warna cerah hingga yang sangat lembut. Pastinya Anda hanya perlu memilih saja.

Baca Juga:  Ini Daerah Penghasil Jagung Terbesar di Indonesia [+Data Lengkap]

3. Jawa Timur

Bukan hanya sekedar dikenal sebagai Paris of East Java saja, Malang juga dikenal sebagai surganya kerajinan keramik di Jawa Timur. Sentra kerajinan keramik di Malang berada di daerah Dinoyo yang lokasinya tidak jauh dari perguruan tinggi ternamanya, yakni Universitas Brawijaya. Menariknya lagi, sentra kerajinan keramik di Malang sudah ada sejak tahun 1957.

produk kerajinan keramik berkelas seni
produk kerajinan keramik berkelas seni

Jauh lebih tua ketimbang kerajinan keramik di Kasongan Yogyakarta. Di daerah ini Anda bisa menemukan kerajinan keramik yang merupakan perpaduan antara keramik Tiongkok dan lokal. Hasilnya tentu sudah bisa dipastikan sangat memanjakan mata, bahkan jenis keramik semi porselen juga sangat mudah Anda jumpai di tempat ini.

Ciri khas keramik yang ada di Malang ada pada corak serta desain yang erat kaitannya dengan keindahan alam sekitar, misalnya dedaunan, kembang-kembang tertentu hingga tumbuh-tumbuhan.

Jadi, apabila Anda berkunjung ke Kota Malang, maka jangan hanya mampir membeli orem-orem atau baksonya saja. Cobalah untuk datang ke Dinoyo untuk membawa pulang beberapa keramik cantik pilihan Anda.

4. Sulawesi Utara

Bagi yang tinggal di Sulawesi dan berminat mengoleksi keramik lokal, maka tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar pulau. Anda bisa langsung menuju ke sentra kerajinan tangan keramik yang ada di Pulutan wilayah Minahasa. Di tempat ini Anda tidak hanya bisa membeli berbagai macam pilihan kerajinan keramik saja, melainkan juga melihat langsung bagaimana proses pembuatannya.

Seperti halnya di daerah lain, kerajinan keramik di Pulutan sudah berlangsung turun temurun dan merupakan warisan kebudayaan dari nenek moyang. Sejak kecil para warga desa tersebut sudah dibekali dengan ilmu membuat kerajinan dari keramik tersebut. Maka dari itu, tidak heran jika anak-anak di desa tersebut sudah mahir membuat keramik.

Baca Juga:  Daftar Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia dan Data Produksinya

Ada begitu banyak pilihan kerajinan keramik yang bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan, misalnya gantungan kunci, pin, kalung, serta berbagai macam barang rumah tangga lainnya. Anda juga bisa memilih souvenir yang merupakan kekhasan dari Sulawesi Utara. Contohnya souvenir berbentuk tarsius serta ikan coecalanth.

5. Kalimantan Barat

Beralih dari Sulawesi, Anda juga bisa menemukan banyak kerajinan tangan menarik yang ada di Kalimantan Barat. Lokasi tepatnya ada di Desa Sakok, Singkawang tempat di mana Anda bisa menjumpai banyak kuil.

Tentu Anda paham dengan julukan Kota Seribu Kuil ini, bukan? Selain dapat menemukan Vihara Tri Dharma Bumi Raya Anda juga bisa menemukan banyak pilihan kerajinan keramik menarik.

peralatan makan terbuat dari keramik
peralatan makan terbuat dari keramik

Pada mulanya kerajinan keramik di Singkawang datang dari kebudayaan Tiongkok. Tidak heran sampai saat ini banyak sekali corak dan model keramik yang merupakan perpaduan antara kebudayaan lokal dan Tiongkok. Cocok sekali bagi penggemar keramik tradisional seperti Anda dan kabar baiknya Anda dapat membeli keramik langsung dari tangan pertama dengan harga terjangkau.

Kerajinan keramik dari Indonesia tentu tidak kalah keren dengan kerajinan keramik dari luar negeri, bahkan tidak jarang yang masih menggunakan cara tradisional. Untuk persoalan harga pun relatif terjangkau bergantung dengan model dan cara pembuatannya. Anda bisa memiliki salah satu koleksi keramik dari lima daerah tersebut untuk mempercantik interior hunian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statmat.net: Pusat Edukasi Statistik dan Matematik