Mengenal Apa Itu Gestasi dan Cara Penghitungan Usianya

1 min read

Gestasi

Bagi Anda yang pernah mengalami kehamilan, istilah gestasi mungkin pernah didengar atau justru sudah memahaminya. Istilah ini memang berhubungan dengan kehamilan atau terjadinya proses pembuahan pada Rahim. Gestasi lebih banyak ditunjukkan dengan angka.

Pengertian Gestasi

1. Menurut Wikipedia

Gestasi dalam Wikipedia diartikan sebagai suatu proses dikandungnya fetus atau embrio dalam kandungan hewan vivipar betina. Termasuk di dalamnya adalah mamalia serta beberapa spesies non-mamalia lainnya.

Selama menjalani proses kehamilan, mamalia ini akan mendapatkan lebih dari satu gestasi dalam waktu yang bersamaan atau disebut dengan gestasi ganda. Dalam bidang kebidanan pada manusia, usia gestasional merujuk pada usia fetus atau embrionik ditambah dua minggu.

2. Menurut Istilah Kebidanan

Istilah gestasi diartikan sebagai sebuah periode waktu pada rentang pembuahan hingga persalinan. Pada periode ini, janin akan tumbuh dan berkembang dalam rahim. Perhitungan usia gestasi akan diperoleh berdasarkan perhitungan HPHT dan juga pemeriksaan USG.

Menghitung Usia Gestasi

Proses pembuahan yang terjadi tidak dapat dipastikan kapan pastinya hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, perhitungan usia kehamilan dilakukan dengan menghitung usia gestasi normal yang dilakukan dengan berdasarkan HPHT (Hari Pertama haid Terakhir).

Contoh perhitungannya adalah, jika HPHT Anda jatuh pada tanggal 11 November 2020, maka untuk perkiraan masa gestasi pada tanggal 16 Februari 2021 yaitu 14 minggu. Selain perhitungan manual, bisa juga dilakukan melalui perhitungan dari tes USG.

Menghitung HPL Berdasarkan Usia Gestasi

Kegunaan dari usia gestasi ini juga bisa dipergunakan untuk menghitung HPL (hari perkiraan lahir). Perkiraan ini sebagai gambaran kapan janin akan dilahirkan. Walaupun tidak selalu tepat namun HPL akan membantu dalam persiapan persalinan.

Cara perhitungannya cukup mudah, silahkan lihat contoh berikut:

Baca Juga:  Indurasi Adalah: Pengertian dan Contohnya

Rumus:

HPL = HPHT + 7 hari – 3 bulan + 1 tahun

Contoh:

HPHT terjadi pada tanggal 17 November 2020

  • HPL = 17 November 2020 + 7 hari = 18 November 2020
  • = 18 November 2020 – 3 bulan = 18 Agustus 2020
  • = 18 Agustus 2020 + 1 tahun = 18 Agustus 2021

Dari perhitungan tersebut, maka HPL akan jatuh pada tanggal 18 Agustus 2021.

Perbedaan Usia Gestasi dan Usia Janin

Usia gestasi dan usia janin merupakan perhitungan yang berbeda. Pada umumnya usia janin akan menjadi lebih muda dibandingkan dengan perhitungan usia gestasi. Meskipun perhitungan manual tersebut masih banyak digunakan, namun biasanya dokter juga akan melakukan USG.

Perbedaaan dari dua usia tersebut adalah:

  • Usia gestasi dihitung berdasarkan HPHT (hari pertama haid terakhir)
  • Usia janin dihitung sejak tanggal terjadinya pembuahan. Pada umumnya, pembuahan ini terjadi pada masa ovulasi.

Usia gestasi dan usia janin, sama-sama diperhitungan selama pemeriksaan kehamilan. Meskipun berbeda namun selama janin tumbuh dengan baik, tidak perlu terlalu memikirkan perbedaan usia dari keduanya. Hal yang paling penting adalah tetap berkonsultasi dengan dokter dan lakukan USG jika diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statmat.net: Pusat Edukasi Statistik dan Matematik