Indurasi Adalah: Pengertian dan Contohnya

1 min read

Indurasi

Secara umum, indurasi diartikan sebagai terjadinya pengerasan pada bagian kulit yang diakibatkan adanya peradangan, endema, atau bisa juga karena infiltrasi seperti halnya pada penderita kanker. Indurasi bukanlah suatu jenis penyakit tertentu, namun hanya sebuah gejala saja.

Penyebab terjadinya indurasi ini juga cukup beragam, sehingga memerlukan penanganan yang berbeda-beda juga. Agar bisa mendeteksi indurasi dengan tepat, dokter akan melakukan beberapa penilaian dengan cara menyentuh atau meraba area yang terdeteksi.

Penyebab Indurasi Kulit

Ketika dokter melakukan deteksi awal, akan terlihat apakah terdapat pengerasan dan resistant (sensasi melawan) dari area yang terdampak. Lebih jauh lagi untuk memahami tentang apa saja penyebab dari indurasi kulit, bisa dilihat di bawah ini:

Indurasi Kulit Pada Uji Tuberculin
Indurasi Kulit Pada Uji Tuberculin (TBC)

1.Infeksi Kulit

Salah satu penyebab terjadinya indurasi pada kulit adalah adanya infeksi kulit. Selain itu, menurut beberapa studi didapatkan bahwa bakteri staphylococcus aureus, juga termasuk dalam penyebab terjadinya infeksi lunak dan jaringan lunak lainnya. Penyebab infeksi kulit lainnya adalah:

  • Peradangan kista
  • Abses
  • Infeksi karena gigitan serangga

2.Scleroderma

Sklerosis sistemik merupakan penyakit langka yang menyebabkan peradangan serta pembentukan jaringan fibrin pada kulit sampai organ bagian dalam. Dalam penyakit ini terdapat 3 fase yang terjadi. Pada fase kedua inilah terjadinya proses indurasi kulit.

3.Penyebaran Kanker ke Kulit

Kondisi ini disebut juga dengan cutaneous metastatic cancer. Hal tersebut dapat terjadi pada saat sel-sel kanker dalam tubuh mulai menyebar ke bagian kulit. Akibatnya adalah, kulit akan terluka. Melanoma primer akan masuk ke area kulit, dan muncullah sel kanker di sekitar melanoma.

4.Diabetes

Jika Anda menderita diabetes, bisa saja menjadi penyebab ulkus plantar. Kondisi ini adalah terjadinya luka pada bagian telapak kaki yang disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar pada bagian bawah tubuh.

Baca Juga:  Apa Itu Metritis dan Perbedaannya dengan Endometritis

Indurasi yang terjadi pada jaringan lunak kaki juga akan meningkatkan resiko terjadinya ulkus secara berulang. Terlebih lagi, kemampuan untuk menahan goncangan serta berat beban tubuh menjadi tidak optimal.

5. Panniculitis

Panniculitis adalah sebuah kondisi peradangan yang terjadi pada jaringan lemak di bagian bawah kulit. Gejala ini meliputi area kulit yang mengeras dan memerah pada dada, payudara, bokong, wajah, dan perut. Pemicu timbulnya keluhan panniculitis ini cukup beragam sebagai berikut:

  • Gangguan peradangan
  • Infeksi
  • Masalah pada jaringan ikat
  • Masalah pada pankreas
  • Trauma dan juga paparan terhadap kondisi dingin

Gejala Indurasi Kulit

Bagian kulit yang mengalami indurasi, biasanya akan menunjukkan beberapa gejala penyertanya. Meskipun sebagian besar indurasi terjadi pada bagian wajah dan tangan, namun pada beberapa kasus dapat juga terjadi pada bagian punggung, perut, dada, hingga bokong. Gejala yang muncul antara lain:

  • Kulit menjadi lebih tebal
  • Kulit teraba mengeras
  • Kulit akan tampak lebih mengkilap dan halus
  • Apabila disentuh, kulit terasa kencang dibandingkan pada area kulit lainnya

Gejala yang dialami oleh penderita indurasi ini cukup sederhana, namun Anda harus segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Pada beberapa kondisi, mungkin dokter akan memberikan antibiotik. Segera konsultasikan keluhan yang Anda alami sebelum menjadi lebih luas lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statmat.net: Pusat Edukasi Statistik dan Matematik