Perbedaan iPhone XR dan XS, Murah vs Premium?

1 min read

Perbedaan Iphone Xr Dan Xs

Apple merilis versi “murah” dari iPhone X, iPhone XR, sekaligus merilis versi “mahal” dari iPhone X, iPhone XS. Kedua model iPhone X tersebut memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan iPhone XR dan XS memang bervariasi, ada yang signifikan dan ada pula yang bisa dikatakan minor.

Sebenarnya, mengikuti deskripsi dan spesifikasi dari keduanya, perbedaan antara kedua iPhone X tersebut sudah bisa diidentifikasi. Meskipun terlihat “premium”, iPhone XS ternyata tidak unggul di semua sektor. iPhone XR yang dianggap murah masih menjanjikan performa yang kencang dan kuat.

Perbedaan iPhone XR dan XS

Berikut adalah macam-macam perbedaan yang bisa ditemukan pada iPhone XR dan XS hasil observasi tim Statmat.net.

1. Performa

Kedua iPhone tersebut menggunakan chipset yang sama, yaitu Apple A12 Bionic. Selain chipset, CPU dan GPU-nya pun sama, yaitu CPU Hexa-core dan GPU Apple 4-core Graphics. Perbedaan antara keduanya dari sisi performa adalah kapasitas RAM yang digunakan. iPhone XS menggunakan RAM 4GB.

Sementara, iPhone XR menggunakan RAM 3GB. Perbedaan RAM tersebut bisa terasa ketika iPhone memainkan game berat, spesifiknya proses rendering. Karena kapasitas RAM lebih besar, iPhone XS memiliki performa sedikit lebih baik. XS menyediakan kapasitas ROM maksimal yang lebih besar (512GB).

2. Baterai

Perbedaan iPhone XR dan XS yang cukup terlihat ada pada daya tahan dan kapasitas baterai. iPhone XR memiliki baterai berkapasitas 2942 mAh, sementara iPhone XS memiliki baterai berkapasitas 2658 mAh. Jelas, daya tahan dan kapasitas baterai pada iPhone XR lebih baik dari baterai pada iPhone XS.

3. Kamera

Selain baterai, perbedaan antara kedua iPhone yang signifikan juga ada pada kamera. iPhone XR hanya memiliki satu kamera utama berkapasitas 12 MP Wide. Sementara iPhone XS dilengkapi 2 kamera, yaitu kamera 12 MP Wide dan 12 MP Telephoto. Kamera depan kedua iPhone sama, yaitu 7 MP Standard.

Baca Juga:  Download OG WhatsApp Pro V 13.5 APK Terbaru 2022

Perbedaan kamera pada kedua iPhone tersebut bisa sangat terasa untuk yang senang memotret dengan iPhone. iPhone XS yang menggunakan Dual-Camera ketika memotret akan menghasilkan gambar yang lebih baik. Untungnya, iPhone XR dilengkapi software fotografi yang membuat kualitas foto lebih baik.

4. Tampilan

Prinsip lebih besar pasti lebih baik tampaknya tidak dapat diterapkan di sini. iPhone XR memang memiliki ukuran layar yang lebih besar (6,1 inci). Namun, kualitasnya ada di bawah layar dan tampilan iPhone XS. iPhone XS memang memiliki ukuran layar lebih kecil (5,8 inci), tetapi memiliki resolusi yang lebih baik.

Perbedaan iPhone XR dan XS di sektor display termasuk yang menentukan. iPhone XS memiliki resolusi 1125 x 2436p dan tipe layar Super Retina OLED. Tipe layar ini lebih baik dari tipe layar iPhone XR, yaitu Liquid Retina IPS LCD. Gambar yang dihasilkan lebih baik, apalagi tersedia teknologi 3D Touch di sana.

5. Desain

Secara umum, desain dari iPhone XS dan iPhone XR sama. Keduanya memiliki rupa dan fisik yang bisa dikatakan identikal. Di sisi desain ini, tetap ada perbedaan antara kedua iPhone. Perbedaan keduanya ada pada dimensi dan berat. iPhone XS memiliki dimensi dan berat yang lebih kecil dari iPhone XR.

Dimensi iPhone XS adalah 143,6 x 70,9 x 7,7 mm dan berat 177g. Perbedaan lain adalah material chassis dimana, iPhone XS menggunakan material stainless steel yang terlihat lebih berkelas ketimbang material aluminium pada iPhone XR. Soal pilihan warna, iPhone XR menyediakan lebih banyak pilihan warna.

Perbedaan iPhone XR dan XS terlihat jelas di kamera dan layar. Di kedua sektor tersebut, iPhone XS terlihat lebih baik. Harga terbaru iPhone XR adalah Rp 7.4999.000. Sementara harga terbaru iPhone XS adalah Rp 11.999.000. Dari sisi harga pun perbedaan keduanya bisa terlihat sangat jelas.

Baca Juga:  GCam APK Versi Lama (Google Camera Official) dan Kelebihannya

Sumber: https://www.sebuahutas.com/2022/03/perbedaan-iphone-xr-dan-xs-versi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statmat.net: Pusat Edukasi Statistik dan Matematik

×