google play apk,vidmate apk,snack video apk,suara google, nada dering wa suara google, google voice, text to speech wa, botika text to speech, botika wa, nada dering wa sebut nama, sound of text, sound of text wa, aksara jawa, suara google indonesia, google camera, gcam apk, sound tiktok ke wa, zefoy tiktok
Fatimah Jangan menjual sesuai yang kamupun tidak akan membelinya, jangan menullis sesuatu yang kamupun malas membacanya.

Rumus Uji Korelasi Kendall Tau dan Contoh Soal Perhitungannya

1 min read

Uji Korelasi Kendall Tau

Secara umum, uji korelasi Kendall’s Tau ($$\tau$$) adalah salah satu bagian dari uji statistik non-parametric. Artinya, dalam proses pengujian ini, nantinya tidak ada asumsi atau sebuah pernyataan khusus yang mewajibkan bahwa data penelitian harus terdistribusi dengan normal. Selain itu, tidak ada pula keharusan di mana hubungan yang terbentuk dari variable harus linear.

Image
Uji korelasi Kendall Tau

Dari beberapa pernyataan di atas, bisa disimpulkan jika dalam uji korelasi Kendall Tau ($\tau$) ini, data penelitian yang digunakan boleh saja tidak normal ataupun tidak linear. Hal ini cukup berbeda dengan uji statistik parametric di mana ada persyaratan terkait data yang cenderung harus terdistribusi normal dan juga linear.

Rumus Uji Korelasi Kendall Tau

Simbol yang digunakan dalam uji korelasi Kendall Tau adalah tau dengan formula ($\tau$). Secara singkat, dalam penerapan uji korelasi Kendall Tau, terdapat rumus yang bisa digunakan, yaitu:

$$\displaystyle{\tau = \frac{S}{\frac{1}{2} \text{n} (\text{n}-1)}}$$

Dari rumus di atas, perlu diketahui bahwa S merupakan skor keseluruhan atau grand total. Umumnya, skor tersebut adalah jumlah dari skor urutan kewajaran yang berasal dari pasangan data pada salah satu variable yang digunakan. 

Dalam uji ini, jika urutan ranking termasuk wajar, maka akan diberikan skor +1. Namun, apabila urutan ranking tersebut tidak wajar, maka akan diberikan nilai -1. N sendiri dalam rumus tersebut adalah banyaknya pasangan ranking yang menjadi objek dalam pengujian. 

Contoh Penggunaan Uji Korelasi Kendall Tau

Untuk memudahkan pemahaman dan penggunaan rumus uji korelasi Kendall Tau, ada contoh yang bisa dijadikan acuan.

Misalnya saja, dalam salah satu kasus, terdapat tabel:

ObservasiRanking
XY
A33
B41
C24
D12

Kemudian, pada variable X diurutkan sehingga variabel Y mengikuti. Tabel tersebut berubah menjadi:

ObservasiRanking
XY
D12
C24
A33
B41

Untuk mencari S, maka lihat ranking Y. Dari pembahasan tersebut ditemukan S = -2, sedangkan N = 4. Jadi, korelasi Kendall Tau yang didapatkan menjadi:

Baca Juga:  Pengertian dan 4 Jenis Skala Pengukuran dalam Statistika

Dari contoh perhitungan sederhana diatas, didapat nilai korelasi Kendall Tau adalah 0,33.

$$z=\frac {x-\mu _{z}} {\sigma _{x}}=\frac {x-NP} {\sqrt {NPQ}}$$

$$\displaystyle{\tau = \frac{-2}{\frac{1}{2} \text{4} (\text{4}-1)}=0,33}$$

Sumber: Kemdikbud.co.id

Fatimah Jangan menjual sesuai yang kamupun tidak akan membelinya, jangan menullis sesuatu yang kamupun malas membacanya.

Leave Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statmat.net: Pusat Edukasi Statistik dan Matematik

×

AdBlock Detected

Statmat.net is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.